Kosasih Purwanegara | Tokoh Inspiratif

Kosasih Purwanegara

Biografi
Kosasih opurwanegaraMohammad Kosasih Purwanegara (lahir di Tasikmalaya, Jawa Barat, 13 Maret 1913 – meninggal di Magetan, Jawa Timur, 4 April 2008 pada umur 95 tahun) adalah Menteri Sosial pada Kabinet RIS. Selain sebagai Menteri Sosial, ia juga aktif dalam berbagai organisasi sosial, perdagangan, dan keolahragaan salah satunya adalah Ketua Umum PSSI 1967-1975.
Ia meraih gelar sarjana hukum dari Rechtshoogeschool te Batavia, sekarang FH-UI) pada tahun 1938. Bidang organisasi juga telah digelutinya sejak masih menjadi pelajar dan mahasiswa antara lain pernah menjadi ketua organisasi mahasiswa Unitas Studiosorum Indonesiensis (USI) di Jakarta.
Di bidang pemerintahan, Kosasih pernah menjabat Residen Jakarta pada tahun-tahun pertama kemerdekaan, disusul sebagai anggota Konstituante, dan menteri sosial (1949-1950).
Setelah tidak lagi menjabat ia aktif dalam bisnis usaha diantaranya sebagai Direktur Utama PT Esta Mulia yang bergerak di bidang real estate dan konsultan dan menjabat sebagai direktur pada PT Ferry Sonneville & Co. Selain itu ia pernah menjabat sebagai Ketua KADIN periode 1956.