4 Atlet Panahan Yang Mengharumkan Nama Indonesia | Tokoh Inspiratif

4 Atlet Panahan Yang Mengharumkan Nama Indonesia

1.Kusumawardhani
Gambar KusumawardhaniKusuma Wardhani (lahir di Makassar, Sulawesi Selatan, 20 Februari 1964; umur 51 tahun) adalah seorang pemanah asal Indonesia. Di bawah bimbingan atlet panahan senior, Donald Pandiangan, Kusuma Wardhani bersama dengan Nurfitriyana Saiman dan Lilies Handayani merebut medali pertama untuk Indonesia di Olimpiade Seoul 1988 yaitu medali perak.

2.Lilies Handayani
Gambar Lilies HandayaniLilies Handayani (lahir di Surabaya, Jawa Timur, 15 April 1965; umur 50 tahun) adalah seorang pemanah asal Indonesia. Di bawah bimbingan atlet panahan senior, Donald Pandiangan, Lilies Handayani bersama dengan Nurfitriyana Saiman dan Kusuma Wardhani merebut medali pertama untuk Indonesia di Olimpiade Seoul 1988 yaitu medali perak.

Putrinya, Deli Theresia Adinda (Surabaya, 12 Mei 1990), juga atlet pemanah. Baru-baru ini, Deli meraih satu medali perak di nomor perorangan 50 meter dan medali perunggu di beregu pada Kejurnas panahan di Jakarta. Atas prestasinya itu, Agum Gumelar (Ketua Umum KONI Pusat) berkenan memberikan hadiah berupa busur panah di kantor KONI Pusat Senayan Jakarta pada Kamis, 10 April 2013. Selain membuat prestasi di Kejurnas, Deli sebelumnya pernah menjuarai PPLP 2001 dan juara di Porda.

Deli yang merupakan anak pertama dari tiga bersaudara, sudah menggeluti cabang itu sejak usia 7 tahun atau kelas 1 SD. Dia sendiri kini duduk di kelas 1 SMP N VI Surabaya.

"Masa start Deli jauh lebih baik dari saya. Dia sudah mulai memanah sejak kelas 1 SD, sedangkan saya baru mulai kelas 2 SMA," tutur ibunya, Lilies Handayani.

3.Nurfitriyana Saiman
Gambar Nurfitriyana_SaimanNurfitriyana Saiman Lantang (lahir di Jakarta, 7 Maret 1962; umur 53 tahun) adalah seorang pemanah asal Indonesia. Di bawah bimbingan atlet panahan senior, Donald Pandiangan, Nurfitriyana Saiman bersama dengan Lilies Handayani dan Kusuma Wardhani merebut medali pertama untuk Indonesia di Olimpiade Seoul 1988 dan meraih medali perak.




4.Donald Djatunas Pandiangan
Donald Djatunas Pandiangan (lahir di Sidikalang, 12 Desember 1945 – meninggal di Jakarta, 20 Agustus 2008 pada umur 62 tahun) adalah mantan atlet panahan dan pelatih panahan Indonesia. Sebagai atlet, atlet yang mendapat julukan Robin Hood Indonesia ini mengukir prestasi sebagai juara Sea Games sebanyak 4 kali.

Sebagai pelatih, Donald berhasil membawa trio Srikandi Indonesia (Lilies Handayani, Nurfitriyana Saiman dan Kusuma Wardhani) merebut medali perak Olimpiade Seoul 1988 yang merupakan medali pertama bagi Indonesia sepanjang sejarah partisipasinya dalam Olimpiade.

Donald Pandiangan meninggal dalam usia 63 tahun pada 20 Agustus 2008, setelah dirawat sejak 17 Agustus 2008 di RS Cikini Jakarta akibat menderita stroke

Sumber : Wikipedia