Gubernur Sunda Kecil. | Tokoh Inspiratif

Gubernur Sunda Kecil.

I Gusti Ketut Pudja 
GambarInformasi Pribadi :
  • I Gusti Ketut Pudja (lahir 19 Mei 1908
  • Meninggal 4 Mei 1977 pada umur 68 tahun) 
  • Gelar pahlawan nasional Indonesia. 
Ia ikut serta dalam perumusan negara Indonesia melalui Panitia Persiapan Kemerdekaan Indonesia mewakili Sunda Kecil (saat ini Bali dan Nusa Tenggara).

I Gusti Ketut Pudja juga hadir dalam perumusan naskah teks proklamasi di rumah Laksamana Maeda. Ia kemudian diangkat Soekarno sebagai Gubernur Sunda Kecil. Pada tahun 2011, I Gusti Ketut Pudja ditetapkan oleh Pemerintah Republik Indonesia sebagai pahlawan nasional bersama 6 orang lainnya.
Parimartha berharap masyarakat Bali tidak hanya berhenti pada kebanggaan bahwa pendahulunya telah diakui oleh pemerintah sebagai pahlawan nasional karena yang terpenting adalah pemaknaan terhadap nilai-nilai kepahlawanan. "Masyarakat Bali hendaknya dapat menggali kembali nilai-nilai patriotisme untuk kemudian diamalkan dalam kehidupan sehari-hari," katanya.

Guru besar yang mantan Ketua Program Studi S3 Kajian Budaya Unuid ini mengatakan, pemberian gelar pahlawan nasional oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono kepada Ketut Pudja di Jakarta, Selasa (8/11) lalu sangat pantas. Sebab,  dedikasi Ketut Pudja sudah tampak dari awal, baik untuk masyarakat Bali maupun bangsa ini.