Aditya Gumay (sutradara film berkebangsaan Indonesia) | Tokoh Inspiratif

Aditya Gumay (sutradara film berkebangsaan Indonesia)

Aditya Gumay
Informasi Pribadi :
Gambar Aditya Gumay
  • Nama lahir : Aditya Gumay
  • Lahir  : 4 Oktober 1966
  • Bangsa : Indonesia
  • Pekerjaan : Sutradara
  • Tahun aktif : 1986
Aditya Gumay (lahir di Jambi, 4 Oktober 1966; umur 49 tahun) adalah sutradara film berkebangsaan Indonesia. Namanya mulai dikenal publik sejak menyutradarai acara Lenong Bocah yang ditayangkan oleh stasiun RCTI pada dekade 1990-an. Ia adalah pengasuh sanggar Kawula Muda dan sanggar Ananda yang didirikannya pada tahun 1986. Sanggar itu yang banyak membantu ikut mengorbitkan artis-artis melalui kegiatan-kegiatannya. Agnes Monica, Olga Syahputra, Ruben Onsu, Okky Lukman, dan Indra Bekti adalah artis Indonesia yang melejit melalui sanggar itu.

Kehidupan pribadi
Aditya Gumay adalah sutradara Indonesia. Sudah hampir 20 tahun Aditya Gumay bergelut dengan dunia anak-anak. Sanggar Ananda dan Teater Kawula Muda yang digagasnya sudah melahirkan banyak bakat baru di dunia peran Tanah Air.

Setelah dikenal lewat Lenong Bocah di tahun 1994, Adit kembali hadir dalam dunia film lewat Emak Ingin Naik Haji. Adit sedang menyiapkan film musikal anak untuk proyeknya yang akan datang. Sanggar Ananda yang dipimpinnya, hingga saat ini sudah meluas dengan 15 cabang dengan anggota sekitar 3.000 murid. Adit dan sanggar Ananda jadi pionir sanggar anak-anak yang paling aktif membuat dan mengisi berbagai tayangan televisi, mulai dari iklan-iklan TV dan media cetak sampai sinetron drama, misteri, laga, dan komedi. Agnes Monica, Olga Syahputra, Ruben Onsu, Okky Lukman, dan Indra Bekti adalah Artis tanah yang melajit melalui sanggarnya.

Aditya Gumay juga pernah menerbitkan album duo bersama AB Utomo berjudul Hari ini aku jatuh cinta dan sempat menjadi lagu hits pada dekade 1990-an. Namun setelah itu, duo ini nyaris tak terdengar karena kesibukan masing-masing.

Aditya Guma menyelesaikan pendidikannya di Institut Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (IISIP) Jakarta dan menimba ilmu film lewat Kursus Pendidikan Umum (KPU) Sinematografi yang diselenggarakan oleh Pusat Perfilman Haji Usmar Ismail. Setelah lebih dari 15 tahun malang-melintang di dunia broadcast, Aditya memulai debutnya di industri film sebagai sutradara melalui penyutradaraan Tina Toon & Lenong Bocah the Movie (2004).

Penghargaan
Pemenang di Festival Film Bandung pada kategori sutradara terpuji untuk film Emak Ingin Naik Haji (2010)
Unggulan di Festival Film Indonesia pada kategori skenario cerita adaptasi terbaik untuk film Emak Ingin Naik Haji (2009)

Sumber : Wikipedia