Kiai Haji Zainal Mustafa | Tokoh Inspiratif

Kiai Haji Zainal Mustafa

Zainal Mustafa
Informasi Pribadi :
Gambar Zainal Mustafa
  • Lahir : 1899 - 25 Oktober 1944
  • Meninggal 25 Oktober 1944 (umur 44-45) 
  • Kebangsaan : Indonesia
  • Pendudukan :Guru agama, gerilya tempur
  • Agama : Islam
Kiai Haji Zainal Mustafa (1899 - 25 Oktober 1944), lahir Hudaemi, dan juga dikenal sebagai Zainal Mustofa, adalah seorang Indonesia ulama dan Pahlawan Nasional Indonesia . Ia mendirikan Pesantren Sukamanah ketika ia 20. Dia dianugerahi gelar Pahlawan Nasional pada tahun 1972.

Biografi 
Awal kehidupan dan berurusan dengan pemerintah kolonial Belanda 
Zainal Mustafa lahir dengan nama Hudaemi di Singaparna, Kabupaten Tasikmalaya , Hindia Belanda pada tahun 1899. Dia adalah seorang santri , seorang Muslim Jawa ortodoks. Setelah menghadiri sekolah dasar standar, ia melanjutkan studi di banyak sekolah-sekolah Islam , yang membuatnya mendapatkan (mahasiswa berkeliaran) nickname kelana santri. Pada tahun 1927 ia pergi ke Mekkah pada haji ; setelah dia kembali ke Indonesia, ia mengubah namanya menjadi Zainal Mustafa. Pada usia 20, ia mendirikan sekolah Islam sendiri bernama Pesantren Sukamanah. Ia kemudian menjabat sebagai Asisten Anggota Dewan untuk Nahdlatul Ulama cabang di Tasikmalaya. 

Mustafa sengit melawan kolonialisme Belanda karena keyakinan Islamnya. Dia didekati beberapa kali oleh pemerintah kolonial Belanda dan diminta untuk bekerja dengan mereka, namun ia menolak setiap kali. Pada 17 November 1941, setelah periode sensor dan dikuntit oleh polisi rahasia, ia dan rekan-rekan kyai Rukhiyat yang ditangkap oleh pemerintah kolonial Belanda dan didakwa dengan memprovokasi orang untuk memberontak melawan Belanda. Dia dipenjara selama hampir dua bulan di Sukamiskin, Bandung . Pada bulan Februari 1942 ia ditangkap lagi. 

Pendudukan Jepang, perjuangan, dan kematian
Pada tanggal 31 Maret 1942, hari kesembilan belas dari pendudukan Jepang di Hindia , seorang perwira Jepang mendekati Mustafa di sel penjaranya di Ciamis , Jawa Barat , dan berjanji untuk membebaskannya dengan syarat bahwa ia akan membantu Jepang. Setelah menolak, dia dan Rukhiyat dikirim kembali ke Sukamanah. 

Selama upacara di Sukamanah persegi, Mustafa dan pengikutnya menolak untuk tunduk menghormati kaisar Jepang (seikerei). Akibatnya, pesantrennya disimpan di bawah pengawasan selama 3 bulan. Ia juga dituduh oleh pemerintah Jepang menjadi gila dan mengabadikan kultus. Polisi rahasia Jepang segera berusaha untuk membunuh Mustafa sementara ia berdoa , tapi luput dan memukul pemuja lain.  Menanggapi hal ini dan meningkatkan kasus kerja paksa Jepang memerintahkan, Mustafa membentuk milisi sendiri dan mulai pelatihan untuk perjuangan bersenjata, yang ia berencana untuk memulai pada 1 Maulud (25 Februari 1944). 

Sehari sebelum serangan, Jepang mengirim pasukan ekspedisi untuk mengundang Mustafa untuk mengadakan negosiasi. Sebagai tanggapan, tentara Mustafa menewaskan semua kecuali satu dari tentara Jepang; prajurit yang masih hidup diperintahkan untuk kembali ke komandannya dengan ultimatum yang membutuhkan kedaulatan Jawa .  Pada tanggal 25 Pebruari 1944, Jepang, dengan total enam perusahaan dari tentara, dua dari heihos , salah satu perampok, dan dua brigade bermotor, dikepung Pesantren Sukamanah. Mustafa ditangkap di Kampung Cihaus dan dibawa ke Batavia (Jakarta modern), sementara 120 orang tewas dalam pengepungan. Setelah beberapa bulan penyiksaan Mustafa dieksekusi pada 25 Oktober 1944 bersama dengan 17 pengikutnya, tapi keluarganya hanya belajar dari nasibnya pada tahun 1970.  Jenazahnya diklaim oleh keluarganya dan dimakamkan di Sukamanah, Tasikmalaya, pada tanggal 10 Januari 1974. 

Penghargaan :
Zainal Mustafa dianugerahi gelar Pahlawan Nasional dari Indonesia gelar oleh Presiden Soeharto melalui Keputusan Presiden Nomor 64 tahun 1972.